Minggu, 04 April 2010

TAPAK SAKTI







Karena maraknya icon2 di bb chat akir2 ini, terutama bentuk ‎​sippp dalam sebuah tangan besar, this remind me to the greatest story when i was child, named "TAPAK SAKTI", ceritanya panjang, ada 100 buku, tapi yg paling berkesan adlah eps 1 - 36 , bisa dibilang ini adalah season 1 dari tapak sakti.
pada kesempatan ini, saya ingin mensharingkan sedikit kisah dari cerita tersebut :

Pada jaman dinasti Song, peperangan merajalela, kekacauan dimana-mana. Adalah seorang anak yatim piatu yang selamat dari kekacauan tersebut, dia diselamatkan seorang biksu, dan dinamainya "Sembilan Benua". Sembilan benua tumbuh menjadi anak yang cerdas, kuat, dan baik hati,sang biksu bgitu suka padanya. Hingga menjelang ajalnya, Sang Biksu memberikan Kitab "Tapak Sakti" yang merupakan jurus terbesar di dunia persilatan.

Jurus per jurus ia kuasai, kilatan pertama cahaya Budha, bentakan halilintar Budha, Budha mengguncang mayapada, Budha turun dari khayangan, sampai jurus ke 8 Kemurkaan sejuta Budha, dimana dengan jurus ini ia menumbangkan dunia persilatan dan namanya disegani di seantero China. Sembilan benua mengangkat saudara dengan Naga Giok Putih. Sifat dua pendekar ini sangat berbeda, dimana sembilan berdua suka menyendiri setelah kematian istrinya, shui lan, sedangkan naga giok putih merupakan petualang wanita. Pada 1 kesempatan , naga giok putih mengunjungi istana bunga yg dikuasai 2 wanita cantik bersaudara : Putri bulan beku (kakak) dan Putri Bintang Es(adik). Putri bulan beku sebenarnya menaruh hati pada naga giok putih, tapi cinta bertepuk sebelah tangan, naga giok putih lebih mencintai dayang istana bunga. Bulan demi bulan, akhirnya dayang hamil. Mereka melarikan diri dari istana bunga, karena takut ketahuan. Benarlah kejadian tersebut diketahui oleh putri beku, dengan amarahnya ia menyuruh anak buahnya dan akhirnya mencegat mereka dalam pelarian.

Dalam pelarian tersebut, si dayang melahirkan 2 anak kembar, dan si puti bulan membunuh naga giok putih karena kebenciannya. ia bahkan ingin membunuh kdua anak tersebut, namun dicegah oleh adiknya yg baik hati (putri bintang). Malang, celurit tersebut sempat menggores wajah salah satu bayi tersebut. Si putri bintang kemudian memberikan ide, agar salah satu anak itu dibawa, untuk 17 taun kemudian mereka dipertemukan untuk saling bunuh. Dan si kakak menyetujui hal tersebut.

benua yang mendengar kabar tersebut dari anak buah naga giok putih (pakkam) segera menyusul ke tempat kejadian untuk menolong saudaranya, tapi terlambat, dia hanya menemukan bayi kecil dengan wajah tergores di pipinya. Akhirnya benua membawa bayi tersebut sambil berkelana mencari siapa pembunuh bayi tersebut, sampailah ia di seuatu desa bernama lembah sepuluh iblis. Lembah ini dihuni pernjahat2 sadis dunia persilatan yg unik, dimana pada akhirnya benua terkena racun, luka parah dan hilang ingatan serta dikurung di lembah ini.

Sang anak, tidak dibunuh karena ada salah satu iblis yg suka dengan anak tersebut dan mengusulkan agar mereka melatih anak tersebut menjadi "iblis" yang ditakuti. Anak tersebut dinamai "Devilito" (iblis), sedangkan di istana bunga, mereka menamainya "Samsun" yang artinya pendendam. Mereka tumbuh menjadi pribadi yg berbeda, samsun menjadi pria yg sopan dan berilmu tinggi sedangkan devilito dengan sifat urakan dan ilmunya(belum hebat).

Akhirnya misi dimulai, samsun diberi tugas untuk membunuh "penjahat" berbahaya bernama devilito, dan dalam tugasnya slalu dikuntit oleh putri bulan yg menyamar menjadi "penopeng". Devilito pun berkelana untuk mencari pengalaman. Takdir mempertemukan mereka, dan merekapun bertarung dengan penuh kebencian. Devilito kalah, ia jatuh ke jurang dan akhirnya ditemukan oleh nona peri. Sdikit kebelakang, perjalanan ini diwarnai beberapa tokoh : hati baja, wanita yg lari dari kejaran nona peri, dia menyukai devilito. Nona Peri mempunyai adik bernama Mo Yung yg juga terlibat dalam perjalanan ini, dan sempat menjadi rekan seperjalanan samsun. Ada juga Elang Putih (Pakkam) si penghianat, pelayan naga giok putih yg menjual seluruh harta naga giok putih dan mencuri kitab api dan es milik benua.

Kembali ke nasib devilito, setelah ia jatuh dan ditemukan nona peri, ia disiksa dan dimasukkan ke sarang nyamuk ganas, sampai tubuhnya benjol2 tak berbentuk. Sungguh kasian Devilito, dia seperti invalid, tidak berarti di dunia, sampai suatu ketika dia kabur dari nona peri bersama monyet piaraannya, dan istirahat di sebuah goa di dalam air terjun. Karena kelaparan ia menyantap kodok merah dan mengejutkan, seluruh penyakitnya sembuuh, tubuhnya pulih dan tenaga dalamnya meningkat. Di goa inilah ia menemukan kitab tapak sakti, dan mempelajarinya sampai jurus ke 5(atau 6ya?).

Sembuhnya Devilito dan meningkatnya ilmunya diketahui oleh penopeng, ia segera mengatur rencana untuk saling bunuh dan melatih jurus pamungkas kepada Samsun, karena Samsun pernah bertemu untuk kedua kalinya dan dikalahkan. Kembali ke desa, tabib di lembah sepuluh iblis sebenarnya sayang kepada benua, ia menyembuhkan benua dan memulihkan kekuatannya namun ingatannya tidak. Tabib menceritakan apa yg telah terjadi blkgan ini, dan mereka mengunjungi istana bunga. Di istana bunga hanya ada Putri bintang, karena putri bulan keluar sebagai "penopeng", ingatan benua pulih dan ia menjadi marah atas apa yang terjadi, Putri bintang akirnya tewas bersama dengan tabib. Benua akhirnya bertualang untuk menyelamatkan pertarungan dua saudara kembar tersebut, tapi akhirnya benua datang terlambat dimana Samsun mendorong devilito ke dalam pasir apung. hati baja yg melihat devilito jatuh segera melompat untuk menyusulnya, Samsun yg sebenearnya berhati pendekar segera mengejarnya dan ikut terjatuh. Putri Bulan tertawa karena merasa berhasil membalas luka hatinya kepada naga giok putih. 9 Benua dan putri bulan terlibat pertarungan sengit sampai akhirnya Benua mengeluarkan jurus pamungkas Kemurkaan Sejuta Budha dan mengalahkan putri bulan, sampai ia terdesak ke pasir apung, ternyata di baawh pasir apung ada sebuah goa, dan terlihat samsun dan devilito duduk akrab karena mereka sudah saling sharing akan kejadian sesungguhnya. Putri bulan itu akhirnya sekarat dan mati, dan 2 kembar itu terselamatkan dari saling bunuh.

End of the season 1

pada season 2, benua ke Persia karena ternyata ilmu tapak sakti berasal dari india,disini benua menguasai ilmu tapak sakti ke 9
pada season 3, benua pertarung dengan garaparas, musuh terbesar benua, dia menguasai tapak sakti ke 10.

itulah akhir dari cerita benua, masi ada lanjutannya lagi sebenarnya, namun uda malas untuk melanjutkannya
hehe

update kisah akhir Tapak Sakti silahkan baca di sini

11 comments:

handianto mengatakan...

wooooww, luar biasa, serasa balik ke taon 90 an nih, saat masi bocah. Dulu gw punya koleksi nya lengkap smpe the legend continous tapi ilang dijual sama nyokap waktu merantau kuliah. Btw, nambahin dikit ttg masa kecilnya devilito : klo devilito itu guru-nya penjahat semua ada assasin, kanibal, aprhodite, yang lain lupa. Devilito juga tumbuh jadi anak yang urakan tapi soal kecerdasan, dia nomor satu di seantero kangouw =)

oomega mengatakan...

Betul gan, saya juga ngefans abis sama Tapak Sakti, dibanding Tiger Wong or Wong Mo Gei (drunken first) yaa,,; tiap ari bacaaa mulu ampe apal dah :D, he eh, lucu pas diajarin ama guru2 nya =))

HUmanBeeing mengatakan...

huahahahaha.... gw suka bgt ama tapak sakti gannnnnn. TOPPPPP !!!!

Unknown mengatakan...

mantabs ... inget dulu numpang baca di gunung agung.. jagoan saya devilito, nakal, pinter di sukai wanita

Unknown mengatakan...

Gua punya kitab nya ahahaha
Soalnya tebel bgt kaya kitab gtu,,tp skrg dah di jual ,,, kejadian plg gua inget pas petopeng buka topengnya selama ini gua tertipu trnyta dia cewe ,, dan sgt cantik punya dgn tanda bulan di dahi ..untung bukan sailormoon :v
Dgn jurus nya bulan menangis uhhhhh itu mantep bgt

Unknown mengatakan...

mau tuh kalo ada pdf nya

Unknown mengatakan...

Sceen yang gue inget Si kanibal pernah mau makan betis nya devilito

Unknown mengatakan...

Sceen yang gue inget waktu kanibal mau makan betis nya devilito

Unknown mengatakan...

Devilito...si bocah yg kebal atas segala racun

bimo sakti mengatakan...

dulu sempat baca beberapa seri awal Tapak Sakti.
masih seputar kisah Samsun & Devilito.
trus liat film seri Pertarungan Si Kembar di Indosiar.
kok agak2 mirip kisahnya.
apa ceritanya sama ya?

Anonim mengatakan...

Nonton